Selasa, 08 Januari 2013

pawun Temple

-->
            Candi ini terletak di antara candi mendut dan candi Borobudur. Tepat berjarak 1750 meter dari candi Borobudur kea rah timur dan 1150 dari candi mendut ke arah barat. Letak candi Borobudur, candi pawon dan candi mendut yang berada pada satu garis lurus memunculkan dugaan bahwa tiga candi budha ini memiliki kaitan yang erat. Selain letaknya, kemiripan motif pahatan di ketiga candi tersebut juga mendasari adanya keterkaitan di antara ketiganya. Bahkan ada yang berpendapat bahwa candi pawon merupakan bagian dari candi Borobudur.
            Candi pawon mempunyai keunikan tersendiri di banding candi – candi yang lainnya. Kalau candi – candi yang lainnya memiliki pintu di sebelah timur, tapi tidak dengan candi ini. Candi ini memiliki pintu masuk di bagian barat. Di atas ambang pintu terdapat hiasan kalamakara tanpa rahang bawah. Ruangan dalam tubuh candi saat ini kosong, namun pada lantai terlihat bekas yang menunjukkan bahwa tadinya terdapat arca di tempat tersebut.
            Sedangkan dengan nama pawon sendiri ada yang menafsirkan bahwa pawon berasal dari bahasa jawa. Awu yang berarti abu, sedangkan awalan pa dan akhiran an yang menunjukkan suatu tempat perabuan atau bisa disebut juga dengan nama dapur. Memang benar, menurut penelitian candi ini merupakan tempat penyimpanan abu raja indra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar