Selasa, 08 Januari 2013

Candi borobudur

            Siapa sih yang nggak kenal candi Borobudur?? Candi ini merupakan peninggalan umat budha,dan merupakan candi terbesar di abad ke – 9 yang berukuran 123 x 123 dan tinggi 34,5 meter. Dibangun oleh raja simaratungga dari dinasti syailendra, dan telah di nyatakan dalam daftar warisan dunia nomor 592 oleh UNESCO. Candi ini memiliki 1460 relief dan 504 stupha budha di kompleksnya.
            Candi Borobudur memiliki 10 tingkat dan setiap tingkatnya melambangkan setiap kehidupan manusia. Bagian dasar Borobudur disebut kamadhatu, melambangkan manusia yang masih terikat nafsu. Empat tingkat di atasnya disebut rupadhatu, melambangkan manusia yang telah membebaskan diri dari nafsu namun masih terikat rupa dan bentuk. Pada tingkat tersebut patung budha di letakkan terbuka. Tiga tingkat di atasnya diman budha di letakkan di dalam stupha yang berlubang – lubang disebut arupadhatu, melambangkan manusia yang telah terbebas dari nafsu, rupa dan bentuk. Dan bagian paling atas di sebut arupa, melambangkan nirwana tempat budha bersemayam.
            Candi ini dibangun selama 50 tahun lamanya,dan di butuhkan lebih dari 2 juta balok vulkanik. Menariknya candi ini di bangun tanpa menggunakan lem perekat, semen atau sejenisnya. Teknik untuk mengunci bebatuan tersebut menjadi rekat dan tahan lama adalah kunci L. kalau anda menginjakkan kaki ke candi ini perhatikanlah, anda akan melihat bebatuan yang tersusun di candi ini berbentuk L.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar