Sabtu, 29 Desember 2012

pantai bandengan


                Merupakan objek wisata yang terletak di desa bandengan kecamatan jepara kabupaten jepara jawa tengah. Pantai yang terletak di pesisir pantai utara jawa ini menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan apalagi pada saat musim liburan seperti ini.
                Pantai ini sebenarnya bernama pantai tirta samudra atau tirto samudro yang merupakan salah satu objek unggulan yang berada di jepara yang merupakan tempat kelahiran pahlawan nasional yaitu R.A kartini. Sebutan nama pantai bandengan ini erat hubungannya dengan asal usul kepulauan pulau karimun jawa yang dikisahkan oleh sunan hasan putra sunan muria yang diperintahkan untuk memperdalam dan mengembangkan ilmu agama kepulauan karimun jawa. Kemudian di tempat ini mereka menemukan banyak ikan bandeng yang kemudian mereka menyebutnya pantai bandengan.
                Pantai yang berpasir putih dan airnya jernih ini berjarak 7 KM dari pusat kota jepara. Dahulu pantai ini dikelola oleh masyarakat setempat hingga tahun 1987 pantai ini dikelola oleh pemerintah kabupaten jepara dengan memprioritaskan pemberdayaan masyarakat setempat.
Setelah pengunjung puas menikmati permainan, tiba saatnya ketika senja menjelang pengunjung bisa menikmati panorama yang menakjubkan yaitu proses tenggelamnya matahari atau sunset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar